Brian May "Red Special" Wiring - Part 1

Posted by ariev on 9:45 PM

rave instrument brian may
Siapa yang gak tau Brian May, dengan gitar Red Specialnya. Red Special memakai wiring yang unik dan khas, disamping bentuk bodynya yang eksentrik. Wiring ala Red Special ini bisa anda pakai di gitar Strat style S-S-S pickup. Dan dengan sedikit kreatifitas wiring ini bisa di pakai di gitar-gitar lain dengan pickup H-H, H-S, S-S, S-S-H, H-S-H, dll.

Sejarah Red Special Gitar ini dia buat bersama ayahnya di awal tahun 60-an. Tone khas dari Red Special menjadi ciri khas tersendiri di musik Queen, baik saat livenya maupun recordingnya. Tapi apa sih yang membuat suara gitar ini begitu khas?
Red Special memakai tiga pickup single-coil, dengan control Master Volume dan Master Tone. Yang unik adalah gitar ini memakai switch on-off dan switch phase tersendiri untuk setiap pickupnya. Jika kebanyakan gitar sekarang memakai wiring paralel, maka gitar ini memakai wiring seri seperti gitar-gitar Danelectro terdahulu (kalo diliat lagi ternyata bodynya jg agak mirip gitar-gitar Danelectro ya,hihi..). Metode wiring ini membuat gitar ini memiliki suara yang sangat tebal jika lebih dari satu pickup yang diaktifkan.
Konfigurasi Wiring Konfigurasi wiring seri yaitu kabel negatif (ground) dari salah satu pickup dihubungkan dengan kabel sinyal (hot/+) dari pickup lainnya secara seri. Sehingga pickup-pickup itu seolah-olah menjadi satu rangkaian virtual humbucker, dengan satu output negatif dan sinyal (ground dan hot). Untuk lebih jelasnya bisa dilihat di gambar dibawah ini.

rave instrument brian may wiring


Ketika dirangkai secara seri, impedansi pickup masing-masing pickup ditotal/ditambahkan,sehingga impedansi output sangat besar. Jadi walaupun Brian Memakai senar yang tipis, dia tetap memiliki tonal yang tebal.
Red Spesial dibuat dari material yang tidak biasa. Body dibuat dari kayu oak dan blockboard, dan dilapisi oleh veneer mahoni. Bagi yang belum tahu, blockboard adalah sejenis kayu olahan seperti plywood dan MDF. Center Block dan necknya terbuat dari kayu bekas bingkai perapian rumah, untuk jenis kayunya sendiri tidak ada yang tau, dan fretboardnya terbuat dari kayu oak.
Hasilnya, sebuah gitar yang sedikit mempunyai karakter akustik, yang hampir tidak mungkin untuk ditiru (ya iya lahh, orang bokapnya May yang bikin aja gak tau yang dipake bikin itu kayu apaan). Jadi jangan ragu kalo temen-temen mau bikin gitar sendiri, siapa tau gitarmu bakal jadi the next legend.
Untuk detail elektronik dan ide aplikasi dari wiring “Red Special” ini akan saya bahas di bagian berikutnya, Brian May “Red Special” Wiring – Part 2

Regards,
Ariev Setiawan


Ariev Setiawan
New Johny WussUpdated: 9:45 PM

0 comments:

Post a Comment

CB