Know Your Guitar Better & Deeper

Posted by ariev on 9:53 PM

rave instrument ariev setiawan

Belasan tahun lalu, saya pertama kali mengenal Gitar, dan sampai sekarang pun saya masih sangat terobsesi dengan instrument bersenar enam ini beserta aksesoris. Dari hanya untuk pleasure, buat nyari duit, buat eksperimen, buat nimpuk orang, kayak temen-temen semua udah pada ngalamin juga kan ya, sampe saya pernah punya perusahaan gitar yg didirikan dengan teman saya, yang sekarang udah pisah jalan dan dilanjutkan sendiri oleh teman saya.
Berawal dari tahun 2007, saya mengistirahatkan full hollow-body saya dan ngumpulin duit buat beli sebuah gitar model RG (yah tahun-tahun itu 70% gitaris pake RG, hehe..) karena emang lg suka banget ngulik lagu-lagunya Edane, ya bisa gila aja kalo nguliknya pake fullhollow-body. Karena memang dari awal saya mainnya Folk ke Blues, saya tidak terlalu memikirkan apa amplifier yg akan saya pakai, apa effect yg saya pakai, bagi saya finger + guitar + amp = Totally Monster of Tone. Saat itu saya pun masih memakai Prince Adder Plus Pro pemberian ayah saya. Ketika diajak temen main rock baru kerasa saya harus menyesuaikan tone saya juga nantinya. Disaat alat utama yg saya pakai (punya) untuk gigs ya cuma RG itu, dan amplifier di kamar pun cuma Prince Adder Plus Pro. Dari keterbatasan itulah otak mulai bekerja.
Pasti temen-temen tau donk rasanya main pake drive ampli tp gak pake footswitch, ya begitulah. Super ruiibet. Mau Clean pencet channel, udah nyampe jatah Drive lagi musti pencet channel lagi. Lagian mana ada Prince era dulu ada colokan footswitchnya. Setelah lama tersiksa akhirnya saya bongkar tu amplifier, ternyata system channelnya masih pake DPDT switch, belum pake relay. Ya berbekal pengalaman nyolder waktu pelajaran Elektronika SMP (waktu SMA saya gak ada pelajaran elektro dan kuliah saya saat itu jg di Manajemen), saya copot switchnya pake solder, saya sambung pake kabel kecil-kecil warna-warni itu 6 biji sepanjang 2 meter,terus DPDT saya bikinin casing dari box adaptor bekas yg saya lubangin. Jadi deh footswitch (yang sebenarnya agak maksa,haha..).
Sejak saat itu saya sering sekali bereksperimen dengan gitar dan aksesorisnya, dari gitar RG yg bisa suara out of phase, bikin coil-split preset, bikin stompbox effects, bikin video klip, troubleshooting instrument, sampe bikin amplifier, yang semua saya kerjakan sendiri tapi kadang-kadang jg ada temen yang bantuin juga. Dan semuanya akan saya ceritakan disini.
Regards,
Ariev Setiawan


Ariev Setiawan
New Johny WussUpdated: 9:53 PM

0 comments:

Post a Comment

CB