Mengatasi Gitar Bermasalah di Panggung (Guitar Troubleshooting)

Posted by ariev on 7:15 PM

Gitar mati/bermasalah disaat yang tidak tepat, mungkin hampir semua gitaris pernah mengalaminya. Tapi jika kita jeli, kita bisa mengatasinya dalam hitungan menit, bahkan hanya dalam hitungan detik.
rave instrument Mengatasi Gitar Bermasalah di Panggung (Guitar Troubleshooting)

Sebenarnya kenapa atau apa yang membuat gitar kita tidak berbunyi sebagaimana mestinya, saya mengambil contoh misal rig yang kita pakai adalah Gitar - Stompbox - Amplifier,bagaimana diagnosanya dapat kita ketahui dari suara yang keluar dari amplifier, yaitu :
1. Tidak ada noise atau bunyi sama sekali (Dead Silent)
Ini situasi yang punya paling banyak kemungkinan. Perlu diketahui sebelumnya, kalau kondisi silent/muting terjadi itu karena ada korsleting sinyal dengan ground, sama persis ketika kita menutup volume sampai nol. Kondisi ini kebanyakan disebabkan karena kabel tidak sengaja tertarik atau tersandung sehingga kabel di dalam jacknya korsleting/terhubung. Bisa juga karena volume gitar atau amplifier tidak sengaja tertutup, atau jack ke amplifier tercabut atau lupa ditancepin ke amplifier (serius, ini sering kejadian gara - gara miskomunikasi dengan crew)
Solusi :Yang paling pertama cek volume gitar dan amplifier. kalau udah oke coba cabut kabel input stompbox, kalo mulai ada noise/suara berarti kabel input yang bermasalah. Kalo masih diem aja coba cabut kabel output stompbox yang ke amplifier, jika tetep aja langsung aja ganti kabel,jika udah ada sinyal atau noise berarti permasalahan di stompbox, entah itu kabel patchnya atau salah satu stompbox rusak atau power suply bermasalah. Cara cek pedalboard pertama tama pasang kembali kabel out terus cek kabel patch mulai dari stompbox urutan paling belakang.
2. Humming Noise (noise yang bunyinya "ngennnnngggggggggggg..")
Di kondisi ini udah pasti ada salah satu kabel ground putus. Yang paling sering adalah kabel output gitar ke stompbox.
Solusinya:coba cabut kabel output gitar,kalo udah diem berarti gitarnya yang bermasalah, coba cabut kabel yang dari gitar, kalo noise tapi keluar suara efek berarti kabel input yang bermasalah. Kalo belum coba cabut kabel output stompbox yang ke amplifier, jika tetep noise kabel itu yang bermasalah, kalo diem/gak noise berarti permasalahan di stompbox, entah itu kabel patchnya atau salah satu stompbox rusak. Cara cek sama kayak diatas ya.
Yang paling penting  jangan panik dan pasang tampang seganteng mungkin, kecepatan troubleshooting anda tergantung pada dua hal itu.hehee.


Regards,

Ariev Setiawan




Ariev Setiawan
New Johny WussUpdated: 7:15 PM

0 comments:

Post a Comment

CB